PMS Premenstrual Syndrome


PMS Premenstrual Syndrome

Apa itu PMS?


PMS adalah singkatan dari Premenstrual Syndrome, sebuah syndrome gejala fisik dan non fisik yang dialami oleh seorang  perempuan ketika mendekati masa dating bulannya.

Gejala-gejalanya akibat pms biasanya berhubungan dengan masalah fisik dan emosional.

Pms terjadi akibat reaksi tubuh terhadap fluktuasi kadar hormon yang terjadi menjelang menstruasi. 

Secara medis, gejala  yang paling sering dialami adalah: nyeri dan kram perut, payudara kencang dan nyeri.
Pms juga dapat mengakibatkan  kecanduan makanan tertentu, perubahan mood, badan jadi sensitive, mudah marah dan tersinggung, merasa depresi,

Pms juga dapat membuat perubahan nafsu makan, sakit kepala ringan, sulit berkonsentrasi,gangguan jerawat pada wajah bahkan gampang lelah dan susah tidur.

Akibat yang lain dari pms mood yang buruk, dan mudah stress.

Apakah Semua Wanita akan mengalami PMS?

Tidak semua perempuan mengalami PMS.

 Beberapa faktor yang memungkinkan seorang cewek bisa mengalami PMS adalah:
  • ·         Suka mengkonsumsi kafein
  • ·         Stress
  • ·         Usia
  • ·         Pernah mengalami depresi
  • ·         Keluarga
  • ·         Makanan yang dikonsumsi

Siapa yang Salah Ketika Perempuan Mendapat PMS?:


Dalam masa PMS, pria 99,95% selalu menjadi pihak yang salah sementara dalam 0,05% kasus, cewek mau mengaku salah.

Yang Harus Dimengerti Ketika Wanita Sedang PMS:

Yang Harus Dimengerti Ketika Wanita Sedang PMS
Kamu Akan Selalu Salah Karena Kamu Melakukan atau Tidak Melakukan Sesuatu
Dalam masa PMS, hal yang kamu lakukan atau tidak lakukan bisa menjadi bumerang buat kamu.
Hah gimana sih? Jadi bingung.

Jangan bingung. Memang seperti itu adanya. Contoh dibawah ini akan menjelaskan maksudnya.

Contoh
Kasus 1: Kamu menelepon pacar kamu sewaktu dia mendapat pms
Quote:
Pacar: Halo?!
Kamu: Hai sayang lagi ngapain?
Pacar: Lagi ribet nih.
Kamu: Ribet kenapa?
Pacar: Ya kerjaan lah, apa lagi?! Emang aku pengangguran?!
Kamu: Loh, kan–
Pacar: kamu buat saya kesal saja.
Contoh2:
Kasus 2: Kamu gak nelpon pacar kamu pas dia lagi pms
Quote:
Pacar: Lagi ngapain?
Kamu: Lagi ma–
Pacar: Kok gak nelpon aku daritadi?? Kok gak nyariin aku?!
Kamu: Loh kan kamu lagi ri–
Pacar: Aku stres banget tau gak?!?! Gak ada yang peduli sama aku!!
Kata-Kata Kamu Akan Disalah artikan – Dan Itu Salah Kamu
Dalam masa PMS, salah paham akan menjadi hal yang sangat lumrah.
Seringkali kamu mengatakan sesuatu yang maksudnya baik, tapi si cewek akan menyalahartikannya menjadi sesuatu yang sangat salah sehingga dia marah.
Kalau sudah seperti ini salah siapa? Ya salah kamu dong! Kenapa kamu biarin dia menyalah-artikan kata-kata kamu?

Kata-Katanya Si Dia Seringkali Bukan Berarti Apa yang Dia Maksud
Masih berkaitan dengan kesalahpahaman dan sudah pernah dibahas sebelumnya.
Terkadang tidak hanya cewek yang suka salah mengerti maksud kamu.
Terkadang kamu yang salah mengerti maksud si cewek.
Tapi mungkin ini agak sedikit berbeda kasusnya.
Terkadang kamu beneran mengerti apa yang dia katakan, tapi kamu tidak menangkap apa yang dia MAKSUD. Ini bisa berakibat fatal! Bingung?
Quote:
Kamu: Kamu kenapa sayang?
Pacar: Gak papa.
Kamu: Bener?
Pacar: Iya.
Kamu: OK.
Terus kamu beneran menganggap gak ada apa-apa trus besoknya berantem deh. Asik kan
Kamu Tidak Akan Tahu Salah Kamu
Poin paling penting ketika kamu sedang berhadapan dengan wanita yang PMS adalah jangan menanyakan salah kamu apa,
Karena pada dasarnya kamu juga tidak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan.
Mengertilah bahwa pada dasarnya mereka marah sama kamu bukan karena mereka beneran marah sama kamu.
 Itu masalah hormon-hormon gitu deh. Gak jelas dan ngeselin sih emang, tapi katanya PMS itu beneran gak enak. Jadi yah…mungkin kamu emang harus ngertiin aja kali ya. Ntar juga baik lagi kok.

  

Apa yang perlu anda lakukan ketika pacar atau wanita anda sedang PMS

Apa yang perlu anda lakukan ketika pacar atau wanita anda sedang PMS


1. Hapal waktu PMS tiba

Lazimnya, menstruasi datang secara teratur di tanggal-tanggal tertentu. Cobalah untuk menghapal tanggal berapa si dia biasanya datang bulan dan mulai memasuki masa-masa “panas”. Dengan begini, Anda dapat bersiap-siap menahan rasa sabar untuk menghadapi emosinya.

2. Sabar

Saat emosi memuncak, perdebatan pun tak terelakkan. Untuk menghadapinya, Anda perlu bersabar. Hindari membalas emosi dengan emosi agar komunikasi tetap terarah dan stabil. Jaga intonasi dan nada bicara, karena sedikit saja Anda menaikkan intonasi, dia akan menganggapnya sebagai bentakan.

3. Jaga perasaan

Hindari melontarkan kalimat-kalimat yang dapat menyinggungnya atau membuatnya bad mood. Gunakan pendekatan yang lembut saat menyampaikan komentar atau kritik.

4. Jangan beri kejutan

Mendapat kabar yang dapat mengejutkannya bisa menambah rasa sakit dan membuat mood semakin tak karuan. Tunggu sampai masa-masa tenang, lalu Anda boleh mengabarinya.

5. Jangan masukkan dalam hati

Tak hanya mengoceh, wanita yang sedang PMS pun lebih mudah melontarkan kata-kata yang dapat menyakiti perasaan. Jika Anda menjadi korban lidah tajamnya, jangan masukkan dalam hati. Anggap saja sebagai hal yang wajar, toh hanya terjadi beberapa hari dalam sebulan. Setelah masa PMS usai, pasangan pun akan kembali manis dan lembut.

6. Bayangkan apa yang dia rasakan

Tanda-tanda Wanita Mendapat PMS


Tanda-tanda Wanita Mendapat PMSPernahkah Anda merasakan nyeri yang begitu dahsyat sampai tak bisa tidur lelap?
Tubuh pegal-pegal, perut melilit, dan keringat dingin mengucur deras? Cobalah membayangkan apa yang pasangan alami selama masa datang bulan.

Cara ini mampu menahan Anda untuk tidak membalas kemarahannya dengan emosi. Jadi wanita itu tidak mudah, lho.

Sindrom menjelang haid dan tanda hamil muda memang mirip, mulai dari payudara yang mengencang, hingga kram perut.

Akan sulit bagi yang sedang harap-harap cemas untuk bisa membedakannya. Perbedaan gejala dapat bervariasi dari satu wanita dan yang lainnya.

1. Nyeri payudara yang berlangsung lama adalah tanda hamil.

Payudara membengkak dan terasa nyeri yang hanya muncul tepat sebelum menstruasi, dan berhenti di hari pertama menstruasi atau selama periode haid, adalah tanda PMS. Jika tetap terjadi satu hingga dua minggu setelah itu, kemungkinan anda hamil. 

Dapat berlangsung cukup lama akibat lonjakan tingkat progesteron dalam tubuh untuk mendukung kehamilan. Beberapa wanita memiliki nyeri payudara yang berlangsung sepanjang masa kehamilan mereka.

2. Kram perut yang berlangsung lama

Kram perut yang intens dan berlangsung lebih dari satu hari adalah tanda Kram perut yang disebabkan implantasi embrio umumnya terasa lebih ringan daripada kram perut yang biasa selama PMS. 

Kram hanya berlangsung hanya beberapa jam dan terjadi segera setelah ovulasi.

3. PMS tidak ada perdarahan.

 Jika ada pendarahan ringan, ini disebut perdarahan implantasi. Pendarahan implantasi dimulai sekitar seminggu sebelum menstruasi. Bercak darah segera setelah ovulasi menunjukkan suksesnya pembuahan.

4. Ngidam yang aneh-aneh adalah tanda hamil

Ngidam pada PMS cenderung makan makanan yang manis, asin, atau gorengan. Ngidam ibu hamil ditandai dengan keinginan akan kombinasi makanan yang tidak biasanya Anda makan, misalnya jus nangka dan sate usus atau mendambakan makanan yang Anda jarang atau tidak pernah inginkan sebelumnya.

5. Morning sickness

Morning sickness adalah salah satu tanda awal kehamilan paling klasik dan jelas. PMS atau terlambat datang bulan biasa tidak mengalami mual muntah.

6. Sakit punggung pertanda PMS

Sakit punggung pada ibu hamil hanya akan muncul di trimester kedua sampai tiga ketika tambahan berat badan dari janin yang membesar mulai menghambat ibu.

7. Terlambat datang merupakan tanda hamil, hanya jika siklus anda teratur.

Stres, perubahan pola makan, peningkatan aktivitas fisik, dan sekelompok faktor eksternal lainnya dapat menyebabkan terlambat datang bulan atau bahkan tidak sama sekali.

Cara terbaik untuk membedakan antara PMS dan tanda awal kehamilan adalah untuk melakukan tes kehamilan.

Di toko obat terdekat anda dapat menemukan peralatan tes kehamilan yang harganya sangat beragam, dari mulai belasan ribu rupiah hingga puluhan ribu.

Ada pula peralatan tes kehamilan elektrik yang harganya ratusan ribu rupiah, namun dapat digunakan berkali-kali.

Beberapa contoh yang sering digunakan adalah test pack Sensitif dan Direct Test dengan bentuk strip, Woman Choice dengan bentuk stick, dan Alere HCG Urine OBC dalam bentuk palet sekali pakai.

Sampai saat ini penyebab pms belum begitu jelas diketahui.
Tapi ada kemungkinan hal tersebut erat kaitannya dengan perubahan hormonal dalam tubuh. 

Bagaimana Cara Mengatasi Sindroma Premenstrual (PMS)?

Bagaimana Cara Mengatasi Sindroma Premenstrual (PMS)


Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih.

  • Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, coklat.
  • Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi, seminggu sebelum menstruasi.
  • Makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih.
  • Jika menstruasi cukup banyak mengeluarkan darah, perbanyak makan makanan atau suplemen yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia.

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Selama Menstruasi?

Sering-seringlah mengganti pembalut, setidaknya setiap 4 jam sekali.

Saat membersihkan area 'V', lakukan dengan gerakan membersihkan dari arah depan ke belakang.

Hal ini penting untuk dilakukan untuk menghindari perpindahan bakteri, virus dan berbagai pemicu gangguan kesehatan dari saluran pembuangan.

Sumber : askhowsolve.com

0 Response to "PMS Premenstrual Syndrome"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel