Terbukti Indonesia Bangkit Dari Krisis Global

Terbukti Indonesia Bangkit Dari Krisis Global


Terbukti Indonesia Bangkit Dari Krisis Global

Sepuluh tahun yang lalu, kita mengalami Krisis Finansial Global 2008. 
Berkat langkah-langkah yang luar biasa para pembuat kebijakan, dunia selamat dari depresi global yang sudah di depan mata
Kini, kita kembali mengalami ketidakpastian global. 
Perang Dagang semakin marak, inovasi teknologi mengguncang industri dan negara yang sedang bertumbuh mengalami tekanan pasar yang besar. 
Amerika Serikat menikmati pertumbuhan pesat, tapi banyak negara jadi lemah dan tidak stabil. 
Padahal, negara ekonomi maju telah mendorong negara ekonomi berkembang untuk “membuka diri” dan ikut dalam Perdagangan Bebas dan Keuangan Terbuka.
Di hadapan para pemimpin dunia di Nusa Dua, Bali, pagi ini, saya menyatakan: Winter is Coming. Ya, Evil Winter yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan es dan kehancuran datang tatkala para Great Houses, Great Families, sibuk bertarung satu sama lain.
Hubungan antara negara-negara ekonomi maju kini memang semakin terlihat seperti dalam serial “Game of Thrones”. 
Sejumlah Great Houses, Great Families, bertarung hebat untuk mengambil alih kendali the Iron Throne. Seiring perputaran roda Mother of Thrones, satu Great House tengah berjaya, 
sementara House yang lain menghadapi kesulitan, lalu setelahnya, House yang lain berjaya, dengan menjatuhkan House yang lain lagi.
Seperti yang terjadi sekarang, negara ekonomi maju saling berebut kendali dan mengalami keretakan. Yang tertinggal adalah masalah. 
Harga minyak mentah meningkat drastis, dan terjadi kekacauan di pasar mata uang negara-negara berkembang.
Pada akhirnya mereka akan sadar: tidak penting siapa yang duduk di the Iron Throne. 
Yang penting adalah kekuatan bersama menghadapi Evil Winter agar bencana global tidak terjadi, agar dunia tidak berubah menjadi tanah tandus yang porak poranda dan menyengsarakan kita semua.
Saya berharap Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali ini mendorong para pembuat kebijakan moneter dan fiskal dunia untuk menjaga komitmen kerjasama global. 
Diperlukan kebijakan moneter dan fiskal yang mampu menyangga dampak dari perang dagang, disrupsi teknologi, dan ketidakpastian pasar. Semuanya untuk kebaikan bersama.

Joko Widodo

0 Response to "Terbukti Indonesia Bangkit Dari Krisis Global"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel